Pulau Komodo - Kasih Sayang yang Terlupakan

Pulau Komodo
Image by: google.com
Merasuki Indahnya Pulau Komodo - Kamu pernah mendengar tentang Pulau Komodo? Itu tuh Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, dan Pulau yang lebih dikenal dengan habitat asli hewan Komodo. Pulau ini salah satu dari Pulau yang dikategorikan sebagai Taman Wisata Nasional atau lebih enaknya dibilang Taman Nasional Komodo. Ada yang tau letak dari Pulau Komodo ini? Yah, Pulau Komodo ini letaknya persis di sebelah timur Pulau Sumbawa yang dipisahkan Selat Sape.

Mungkin kamu sering mendengar tentang Pulau Komodo ini di berbagai media, baik media Nasional ataupun Internasional. Kamu inget tahun lalu Pulau ini mencatat gelar sebagai pemenang Keajaiban Dunia untuk kategori Alam versi New7Wonders. Hal ini sungguh membuat kita takjub bukan, akan ke indahan Alam Indonesia Raya? Walaupun negara ini selalu honar dengan kasus-kasus para petinggi, entah dari Korupsi, Rakyat Miskin terlantar, Ormas-ormas yang ber-IQ rendah, dll. tapi aku sih tetap cinta Indonesia.

Sejarah Pulau Komodo.

Pada tahun 1910 masyarakat Belanda menamai Pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini dengan julukan Pulau Komodo. Perbincangan ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang ingin membuktikan kepada pasukan Belanda tentang adanya hewan besar yang menyerupai naga di pulau tersebut, lalu Steyn membunuh hewan tersebut dan membawa dokumentasi ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti. Kutipan tentang Sejarah Pulau Komodo ini saya ambil dari Wikipedia.

Pulau Komodo, Pink Beach
Image by: uniqpost.com
Pink Beach - Biasanya kita kalau ke pantai selalu menemukan pasir cokelat ataupun putih, tapi kali ini kita akan menemukan pasir pantai yang berwarna pink. *Aihh unyu bingit* 
Hanya terdapat 7 di dunia ini keindahan pasir pantai yang bwarnanya pink, salah satunya di Pulau Komodo ini. Kenapa bisa pink warnanya? Hal ini dikarenakan adanya campuran pasir yang berwarna putih dan merah. Warna merah ini katanya berasal dari serpihan koral merah yang hancur.

Pulau Komodo
Image by: Google.com
Taman Nasional Komodo - Disini kita bisa menemukan 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu, 70 spesies sponge, dan 1000 spesies ikan. Sungguh pulau yang indah bukan? sayang aja ini pulau kalau nggak udah akoh pacarin deh. :3

Keistimewaan Pulau Komodo tidak cuma segitu aja. Selain fauna yang terkenal berupa Komodo dan ratusan hingga ribuan spesies ikan, Pulau ini memiliki koleksi flora atau tanaman yang eksotis. Jenis tanaman yang terdapat di pulau ini adalah kayu sepang dan pohon nitak.

Selain menyaji Komodo karena hewan khas di pulau ini, kamu juga disajikan hewan-hewan yang lain seperti rusa, babi, dan musang. Pulau ini juga menjadi habitatnya hewan-hewan reptil lainnya, seperti ular. Ada sekitar 12 spesies ular yang hidup di pulai ini. Contohnya, ular cobra, ular viper, dan ular pohon yang sangat berbisa. Selain ular, ada juga hewan reptil lainnya yang hidup di pulau ini seperti, tokek, kadal tak bertungkai, dan biawak.

Silahkan simak video ini, eksotis banget men!



Jadi apa yang harus kita lakukan dengan Pulau Komodo ini? Mari sama-sama kita menjaga kekayaan alam Indonesia ini, semuanya enggak mesti menunggu komando dari Pemerintah untuk menjaga kekayaan alam kita. Biarkan hewan-hewan itu hidup di habitatnya, jangan kita membunuhnya. Tolong di tengok lagi ke masanya Orang Hutan di Pulau Kalimantan deh. hehe...

Mungkin cukup sekian pembahasan Indahnya Pulau Komodo, semoga artikel ini bisa membantu kalian betapa pentingnya menjaga alam ketimbang merusak alam. Salam Hormat.


Artikel Terkait:

15 comments:

  1. Pengen ntu ke pulau komodo.
    Tapi blom ada waktu.

    ReplyDelete
  2. gila indah yaa

    bareng temen kesana seru kali ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihh seru bro, apalagi bareng seseorang yang menyenangi hati pasti lebih seru :D

      Delete
  3. Salam

    berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. pulau komodo emang keren abis, tapi hati2 aja kalo kesana terus kena liurnya, lumayan juga tuh bisanya....bisa bikin panas dingin, tapi lebih panas dingin lagi kalo ngeliat mantan jalan sama pacar barunya sih heheheh...

    ReplyDelete
  5. I would like to visit that place someday ^^. Keep on good writing gans ^^

    ReplyDelete
  6. wah belum pernah kepulau komodo nih, jadi pengen. *Nabung! Nambung!

    ReplyDelete
  7. doain ane ya masgan niatnya bulan mei tahun ini ane mau kepulau komodo.. hehe

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *